Investment Casting

Investment casting adalah proses pengecoran dengan pola yang terbuat dari lilin dan dilapisi dengan bahan tahan panas sebagai cetakan. Lilin kemudian dilelehkan sebelum menuangkan logam cair. Istilah investment berasal dari kata invest yang berarti "melapisi sepenuhnya". Hal tersebut mengacu pada lapisan bahan tahan panas atau api di sekitar pola lilin.

Investment casting merupakan proses pengecoran presisi. Pengecoran jenis ini mampu membuat produk dengan akurasi tinggi dan detail rumit. Dulu proses ini dikenal sebagai proses lost-wax. Karena pola lilin dilelehkan setelah cetakan tahan panas dibuat, pola lain harus diproduksi untuk setiap pengecoran. Produksi pola biasanya dilakukan dengan molding operation yaitu dengan menuangkan atau menyuntikkan lilin panas ke dalam cetakan utama (master). Cetakan tersebut dirancang dengan kelonggaran yang tepat untuk penyusutan lilin dan logam cor. Dalam kasus di mana geometri produk rumit, beberapa potongan lilin terpisah harus disatukan untuk membuat pola. Pada proses produksi tinggi, beberapa pola melekat pada sprue yang terbuat dari lilin, untuk membentuk pohon pola. Pohon pola ini adalah geometri yang akan dituangi logam cair.

Investment casting.
Gambar 1. Investment Casting.
(Sumber: Groover, Mikell P., 2010, Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes and Systems, 4th ed.)

Tahap-tahap Investment Casting

Berikut langkah-langkah investment casting sesuai gambar 1:
  • Pola lilin diproduksi.
  • Beberapa pola melekat pada sprue untuk membentuk pohon pola.
  • Pohon pola dilapisi dengan lapisan bahan tahan panas.
  • Cetakan terbentuk.
  • Cetakan dibalik dan dipanaskan untuk melelehkan lilin serta membiarkannya menetes keluar dari rongga.
  • Cetakan dipanaskan pada suhu tinggi untuk memastikan bahwa semua kontaminan hilang. Cetakan yang panas juga membantu logam cair mengalir lebih mudah ke rongga cetakan. Logam cair dituang.
  • Cetakan terlepas dari produk cor. Bagian-bagian produk dipisahkan dari sprue.

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Teknik Pembubutan (Turning)

Garis pada Gambar Mesin