Grinding (Penggerindaan)

Grinding adalah proses pengurangan material yang dilakukan oleh partikel abrasif yang terkandung dalam roda gerinda (grinding wheel) yang berputar pada kecepatan tinggi. Roda gerinda biasanya berbentuk cakram, dan seimbang untuk kecepatan rotasi tinggi. Grinding dalam bahasa Indonesia disebut penggerindaan atau pengasahan.

Penggerindaan merupakan salah satu proses permesinan.
Gambar 1. Grinding.
(Sumber: Groover, Mikell P., 2010, Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes and Systems, 4th ed.)

Proses penggerindaan mirip dengan proses pengefraisan. Pemotongan dapat dilakukan dengan keliling maupun penampang roda gerinda. Roda gerinda memiliki banyak gigi potong yang berupa partikel abrasif. Meskipun mirip dengan proses pengefraisan (milling), proses grinding memiliki perbedaan. Partikel abrasif pada roda gerinda lebih kecil dibanding dengan gigi pisau frais. Selain itu, kecepatan potong pada proses grinding juga lebih cepat daripada proses milling. Semakin sering digunakan, dimensi roda gerinda akan berkurang dan harus diganti dengan yang baru.

Aplikasi Proses Grinding

Proses penggerindaan digunakan untuk menghaluskan permukaan logam, mengasah pahat bubut, mengasah mata bor, dan membersihkan kotoran atau terak hasil pengelasan.

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Teknik Pembubutan (Turning)

Garis pada Gambar Mesin