Drawing

Drawing adalah proses penarikan batang atau kawat melalui sebuah die. Drawing dapat diterjemahkan proses penarikan. Proses ini bertujuan untuk mengurangi dimensi penampang batang atau kawat. Drawing berbeda dengan ekstrusi, di mana proses ekstrusi mendorong suatu material melewati die.

Variabel utama dalam proses drawing mirip dengan ekstrusi yaitu: pengurangan luas penampang, sudut die, gesekan sepanjang permukaan die dengan benda kerja, dan kecepatan drawing. Sudut die memengaruhi gaya penarikan dan kualitas produk yang ditarik.

Gambar 1. Drawing (Manufaktur)

Drawing juga bisa menghasilkan produk-produk dengan profil tertentu. Profil tersebut terbentuk karena desain die yang unik. Ketebalan dinding, diameter, atau bentuk tabung yang telah diproduksi melalui proses ekstrusi atau proses yang lain; dapat dikurangi lebih lanjut dengan proses drawing. Untuk membuat bentuk-bentuk pipa, perlu menggunakan mandrel.

Gambar 2. Drawing pada Batang Berongga

Seperti dalam semua proses pengerjaan logam, drawing yang sukses membutuhkan pemilihan parameter proses yang cermat. Pengurangan luas penampang per satu kali drawing maksimal sekitar 45%. Biasanya, semakin kecil penampang awal, semakin kecil pengurangan per satu kali drawing. Kabel halus biasanya ditarik dengan 15 - 25% pengurangan dan pada penampang benda kerja yang lebih besar pengurangannya 20 - 45%. Pengurangan lebih dari 45% dapat mengakibatkan kerusakan pelumas, yang akan mengurangi kualitas permukaan akhir. Pada pengurangan lebih dari 45% memerlukan beberapa kali proses drawing, sehingga pengurangannya bertahap. Meskipun sebagian besar drawing dilakukan pada suhu ruang (cold working), drawing benda kerja besar dapat dilakukan pada suhu tinggi (hot working) untuk mengurangi gaya.

Pengurangan secara kecil (sizing pass) juga dapat dilakukan pada batang untuk meningkatkan kualitas permukaannya dan keakuratan dimensinya. Namun, reduksi secara kecil biasanya menghasilkan deformasi material dan struktur mikro yang tidak seragam. Akibatnya, sifat material dalam satu penampang akan bervariasi.

Keuntungan Drawing

Berikut adalah kelebihan proses drawing:
  • Kontrol dimensi akurat.
  • Permukaan akhir benda kerja baik.
  • Sifat mekanik seperti kekuatan dan kekerasan meningkat.
  • Mampu meningkatkan machinability benda kerja.
  • Ekonomis.

Kelemahan Drawing

Berikut adalah kekurangan proses drawing:
  • Daktilitas bahan harus tinggi.
  • Tegangan tarik bahan harus tinggi.

Aplikasi Drawing

Proses drawing secara umum menghasilkan produk batang dan kawat. Produk batang dan kawat mencakup berbagai aplikasi yang sangat luas, termasuk poros untuk transmisi daya, komponen mesin dan struktural, bahan baku pembuatan baut dan paku keling, kabel, elektroda las, pegas, klip kertas, jari-jari roda sepeda, dan alat musik petik.

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Teknik Pembubutan (Turning)

Garis pada Gambar Mesin