Ekstrusi

Ekstrusi adalah proses mengeluarkan material melalui jalur tertentu sehingga menghasilkan bentuk panjang dengan penampang seperti lubang jalur. Menurut proses pengerjaannya ada dua jenis ekstrusi yaitu direct extrusion dan indirect extrusion. Sedangkan menurut temperatur kerjanya, ada ekstrusi panas dan ekstrusi dingin.

Direct Extrusion (Forward Extrusion)

Pada ekstrusi jenis ini, logam dimasukkan ke dalam wadah dan ditekan dengan penekan (ram). Penekanan tersebut membuat logam keluar dari lubang di sisi lain wadah dan memiliki bentuk penampang sesuai dengan bentuk lubang (die).

Indirect Extrusion (Backward Extrusion)

Pada ekstrusi ini, die dipasang pada pendorong (ram). Ketika pendorong mendorong material, material tersebut akan mengalir melalui celah dengan arah yang berlawanan.
Gambar 1. Ekstrusi


Ekstrusi Panas

Ekstrusi panas dilakukan pada logam yang suhunya di atas temperatur rekristalisasi. Suhu tersebut mengurangi kekuatan bahan dan meningkatkan keuletan bahan. Ekstrusi panas diperlukan ketika ingin mengurangi dimensi benda kerja secara ekstrim dan membentuk benda yang kompleks.

Ekstrusi Dingin

Ekstrusi dingin dilakukan pada suhu ruang. Proses ini biasanya digunakan sebagai finishing. Tujuan ekstrusi dingin agar benda kerja memiliki dimensi yang sesuai, permukaan akhirnya baik, dan kekuatannya meningkat.

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Teknik Pembubutan (Turning)

Garis pada Gambar Mesin