Oxyacetylene Welding (OAW)

Las oxyacetylene merupakan proses pengelasan dengan nyala api temperatur tinggi dari pembakaran gas acetylene dan oksigen. Nyala api diarahkan pada benda kerja menggunakan torch. Setelah benda kerja mulai cair, dapat dilakukan penambahan material dengan bahan tambah (filler). Pemberian bahan tambah cukup dilakukan sesuai kebutuhan.

OAW menggunakan tiga macam nyala api. Tiga macam nyala api tersebut antara lain, nyala api netral, nyala api oksidasi, dan nyala api karburasi (reduksi).
Gambar 1. Oxyacetylene Welding (OAW). (a) Nyala Api Netral. (b) Nyala Api Oksidasi. (c) Nyala Api Karburasi. (d) Prinsip OAW
  • Nyala api netral menggunakan perbandingan acetylene dan oksigen sebesar 1 : 1. Nyala api ini digunakan untuk mengelas baja.
  • Nyala api oksidasi menggunakan oksigen yang lebih banyak/dominan daripada acetylene. Nyala api ini digunakan untuk mengelas tembaga dan tembaga paduan.
  • Nyala api karburasi menggunakan acetylene yang lebih banyak/dominan daripada oksigen. Nyala api ini digunakan untuk brazing, soldering, dan flame-hardening.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Teknik Pembubutan (Turning)

Garis pada Gambar Mesin