International Organization for Standardization (ISO)

International Organization for Standardization atau lebih dikenal dengan sebutan ISO, merupakan organisasi internasional non pemerintah yang mengembangkan standar. ISO mengajak para ahli di seluruh dunia untuk berbagi ilmu pengetahuan. Selain itu, mereka juga membuat persetujuan yang selanjutnya dipublikasikan menjadi standar-standar internasional. Dengan adanya sebuah standar diharapkan dapat mendukung inovasi dan mampu menyediakan solusi bagi tantangan global.

Gambar 1. Logo ISO

ISO dibentuk pada tahun 1946 di London, Inggris. Pada saat itu ada beberapa delegasi dari 25 negara yang berjumpa di Institute of Civil Engineers, London. Mereka sepakat membuat sebuah organisasi internasional baru untuk memfasilitasi keseragaman standar industri internasional. Tanggal 23 Februari 1947, ISO secara resmi beroperasi.

Sampai saat ini ISO telah memublikasikan lebih dari 20.000 standar internasional yang mencakup bidang teknologi dan manufaktur. Anggota ISO pun telah bertambah menjadi 162 negara. Organisasi ini memiliki kantor pusat di Geneva, Switzerland.

Penamaan ISO

International Organization for Standardization memiliki perbedaan akronim pada bahasa yang berbeda. Sebagai contoh IOS dalam bahasa Inggris dan OIN dalam bahasa Perancis (Organisation Internationale de Normalisation). Oleh karena itu pendiri organisasi ini memutuskan untuk memberi nama singkat ISO. ISO berasal dari bahasa Yunani isos yang berarti sama atau setara.

Standar ISO

ISO telah mengembangkan dan memublikasikan banyak standar. Beberapa contoh standar ISO antara lain:
  • ISO 9001 Quality Management
  • ISO 22000 Food Safety Management
  • ISO 31000 Risk Management