ASTM International

ASTM International adalah organisasi internasional yang bekerja untuk membuat persetujuan dan meningkatkan suatu performa di bidang manufaktur dan material, produk dan proses, serta sistem dan servis. Persetujuan tersebut kemudian menghasilkan standar-standar ASTM. Saat ini lebih dari 12.000 standar ASTM digunakan di seluruh dunia.

Gambar 1. Logo ASTM International

ASTM International beranggotakan lebih dari 30.000 orang. Melalui ASTM mereka menjadikan setiap orang yakin terhadap sesuatu yang ia beli dan gunakan mulai dari mainan anak-anak sampai pesawat terbang.

Standar ASTM

ASTM telah menghasilkan banyak standar. Standar-standar tersebut digolongkan dalam beberapa kategori seperti aplikasi, material, proses, sifat dan pengukuran, serta metode pengujian. Standar ASTM juga mencakup bidang-bidang industri seperti pesawat terbang, kapal, otomotif, elektronik, kimia, peralatan rumah sakit, logam, manufaktur, minyak bumi, dll.

Standar yang telah dipublikasikan oleh ASTM International antara lain seperti ASTM A941-16, ASTM A420/A420M-16, ASTM A36/A36M-14 dan ASTM A733-16. Keempat contoh tersebut merupakan standar mengenai material baja.