Ultrasonic Welding (USW)

Ultrasonic welding (USW) adalah jenis pengelasan solid-state di mana dua benda kerja ditahan/dijepit bersamaan dan diberi getaran berfrekuensi ultrasonic supaya terjadi penggabungan. Gerak dari getaran melewati celah antara dua benda kerja yang dijepit secara lap joint. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kontak dan ikatan metalurgi yang kuat antara kedua permukaan benda kerja. Panas pada proses USW dihasilkan dari gesekan antar permukaan benda kerja dan deformasi plastis. Suhu panas tersebut berada di bawah titik cair benda kerja.

Gambar 1. Ultrasonic Welding (USW)

Ultrasonic welding tidak memerlukan bahan tambah (filler). Flux juga tidak digunakan pada USW. Proses pengelasan ini juga tidak memerlukan gas pelindung. Proses ultrasonic welding secara khas menggunakan sambungan lap (lap joint). Frekuensi yang digunakan adalah 15 sampai 75 kHz, dengan amplitudo 0,018 sampai 0,13 mm.

Aplikasi Ultrasonic Welding

Ultrasonic welding secara umum digunakan untuk logam-logam lunak seperti tembaga dan aluminium. Ultrasonic welding sering digunakan untuk merakit lembaran aluminium dan pekerjaan perakitan kecil lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar