Mesin Bor (Drilling Machine)

Mesin bor merupakan mesin yang digunakan untuk membuat lubang pada benda padat. Proses pembuatan lubang tersebut menggunakan tool yang berputar. Prosesnya dikenal dengan istilah pengeboran, sedangkan tool yang digunakan dikenal dengan istilah drill.

Jenis-jenis Mesin Bor

Sensitive Drilling Machine
Mesin bor jenis ini tergolong ringan dan mampu digunakan untuk mengebor dengan diameter maksimum lubang sebesar 12 mm. Kecepatan putaran pada mesin bor ini tergolong tinggi.

Sensitive drilling machine cocok digunakan untuk benda kerja berukuran kecil. Benda kerja diletakkan di atas meja dan dijepit menggunakan ragum atau cekam. Posisikan titik yang akan dibor tepat di bawah spindle dan berada pada garis sumbu spindle. Setelah posisi tepat, proses pengeboran/pemakanan dapat terjadi dengan menurunkan spindle beserta mata bornya.
Gambar 1. Sensitive Drilling Machine

Pillar Type Drilling Machine
Mesin bor jenis ini secara umum mirip dengan sensitive drilling machine. Perbedaan kedua mesin bor tersebut terletak pada aplikasinya, di mana pillar type drilling machine digunakan pada pengerjaan yang lebih berat/besar.

Radial Drilling Machine
Radial drilling machine digunakan untuk mengebor lubang pada benda kerja yang lebih besar dan berat. Pada mesin bor jenis ini, drilling head atau spindle terletak/terpasang pada lengan radial. Drilling head atau spindle tersebut dapat digerakkan dengan lintasan sepanjang lengan radial. Lengan radial dapat diputar mengelilingi tiang mesin bor. Akibat pergerakan drilling head dan putaran lengan radial, maka diperoleh bidang atau area pengeboran. Bidang pengeboran tersebut mampu menjangkau titik-titik pengeboran pada benda kerja tanpa harus menggeser posisi benda kerja. Selain berputar mengelilingi tiang, lengan radial juga dapat bergerak naik maupun turun sepanjang tiang mesin bor untuk mengakomodasi tinggi benda kerja atau kedalaman pengeboran.
Gambar 2. Radial Drilling Machine

Multispindle Drilling Machine
Sesuai dengan namanya, mesin bor jenis ini memiliki banyak spindle. Multispindle drilling machine mampu membuat lebih dari satu lubang secara bersamaan. Mesin bor jenis ini sangat cocok untuk produksi massal. Ada tiga jenis multispindle drilling machine. Ketiga jenis itu antara lain: Gang multispindle drilling machine, Adjustable-center multispindle vertical drilling machine, dan Unit-type multispindle drilling machine.
Gambar 3. Gang Multispindle Drilling Machine
Gambar 4. Adjustable-center Multispindle Vertical Drilling Machine
Gambar 5. Unit-type Multispindle Drilling Machine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar