Nastran

Nastran merupakan sebuah program analisis elemen hingga (FEA/finite element analysis) yang dikembangkan untuk NASA pada akhir tahun 1960an. Pembuatan dan pengembangan Nastran secara khusus untuk industri aerospace dan dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat. Nastran sendiri merupakan akronim dari NASA Structure Analysis.

Nastran terintegrasi dengan software CAD. Mirip dengan ANSYS, anda dapat membuat model melalui CAD dan selanjutnya dapat anda analisis dengan Nastran. Nastran juga cocok dengan berbagai jenis komputer dan sistem operasi mulai dari komputer kecil hingga komputer super. Semuanya itu untuk mempermudah para pengguna Nastran.

Nastran memiliki beberapa jenis analisis. Masing-masing jenis analisis yang tersedia disebut solution sequence. Beberapa contoh solution sequence yang umum antara lain: Linear Static, Modal, Buckling, dan Non-Linear Static.

Gambar 1. NEi Nastran

Walaupun pada awal pembuatannya Nastran khusus dibuat untuk NASA, namun saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang menyediakan Nastran secara komersial. Nastran dikemas dalam kemasan software yang berbeda dan didistribusikan oleh perusahaan yang berbeda pula. Beberapa pilihan Nastran yang disediakan oleh beberapa perusahaan antara lain: MSC Nastran (perusahaan: MSC Software), NASTRAN-xMG (MSC Software), NEi Nastran (Autodesk), NX Nastran (Siemens PLM Software), dan OCF Nastran (Open Channel Foundation).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar