Flux-cored Arc Welding (FCAW)

Flux-cored arc welding dikembangkan pada tahun 1950an sebagai sebuah adaptasi dari SMAW untuk mengatasi keterbatasan penggunaan batang elektroda. FCAW merupakan pengelasan di mana elektroda yang digunakan adalah elektroda yang dikonsumsi. Elektroda tersebut berbentuk seperti pipa di mana rongga elektroda itu berisi flux dan campuran lainnya. Campuran lain yang digunakan bisa berupa deoxidizers dan elemen paduan. Elektroda pada FCAW bersifat kontinu karena disuplai dari lilitan elektroda (mirip dengan GMAW).

FCAW terdiri dari dua versi, yaitu self shielded dan gas shielded. Versi pertama self shielded yaitu pengelasan dengan pelindung las yang berasal dari flux pada inti elektroda, sehingga diberi nama self shielded flux-cored arc welding. Inti dari elektroda tersebut bukan hanya flux tetapi juga campuran lain yang menghasilkan gas pelindung las. Versi pertama ini mirip dengan SMAW. Selanjutnya versi kedua yaitu gas shielded. Gas shielded merupakan pengelasan yang secara primer digunakan untuk mengelas baja. Pelindung las yang digunakan pada versi ini yaitu gas yang disuplai dari luar. Oleh karena itu, versi kedua paling mirip dengan GMAW. Versi kedua dapat disebut dengan gas shielded flux-cored arc welding.
Gambar 1. FCAW

Aplikasi Flux-cored Arc Welding (FCAW)

Flux-cored arc welding cocok digunakan untuk mengelas baja karbon rendah (gas pelindung CO₂), stainless steel (gas pelindung campuran argon dan CO₂), dan paduan nickel.

Kelebihan Flux-cored Arc Welding (FCAW)

Kelebihan Flux-cored arc welding antara lain:
  • Elektroda kontinu dan otomatis.
  • Hasil pengelasan halus dan seragam.
  • Murah.
  • Mampu untuk mengelas benda kerja yang tebal karena kecepatan penimbunan yang tinggi.
  • Bisa ditambahkan dengan elemen paduan pada inti elektrodanya.
  • Elektroda berdiameter kecil memampukan untuk mengelas benda kerja dengan penampang yang kecil.
  • Serba guna.

Kekurangan Flux-cored Arc Welding (FCAW)

Kekurangan Flux-cored arc welding antara lain:
  • Kelengkapan cukup banyak, seperti tabung gas dan kontrol penggerak kawat elektroda.
  • Tidak dapat menjangkau medan las yang sulit (lebih mudah menggunakan SMAW).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi Flux pada Elektroda SMAW

Cara Menyalakan dan Mematikan Api Las Oxyacetylene