Coining

Coining pada dasarnya merupakan proses closed-die forging yang secara khusus digunakan untuk mencetak uang logam, koin, medali, dan perhiasan. Pada proses ini, benda awal dicetak pada rongga cetakan yang tertutup. Supaya bisa menghasilkan bentuk detail yang baik, tekanan yang dibutuhkan bisa mencapai 5 hingga 6 kali kekuatan bahan yang digunakan. Pada pembuatan komponen tertentu, beberapa kali proses coining mungkin dibutuhkan hingga mencapai bentuk yang diinginkan.

Berbeda dengan proses penempaan lain, coining tidak menggunakan pelumas. Penggunaan pelumas pada coining bisa menyebabkan pelumas tersebut terjebak di dalam rongga cetakan. Pelumas yang terjebak bisa mengakibatkan benda kerja berbentuk tidak sesuai dengan cetakan atau yang diharapkan. Selain itu, pelumas yang terjebak juga menyebabkan permukaan akhir dari benda kerja menjadi kurang baik.

Coining
Gambar 1. Coining

Aplikasi Coining

Coining digunakan untuk mencetak uang logam, koin, medali, atau perhiasan. Di samping untuk mencetak uang logam, koin, medali, atau perhiasan; coining juga dapat digunakan untuk menandai benda kerja dengan huruf dan angka. Pencetakan huruf dan angka pada suatu benda kerja (komponen) dapat dilakukan dengan cepat menggunakan proses ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi Flux pada Elektroda SMAW

Garis pada Gambar Mesin