Pengertian Desain

Merancang adalah merumuskan rencana untuk kebutuhan tertentu atau untuk memecahkan masalah. Jika rencana menghasilkan sesuatu yang memiliki wujud fisik; maka produk hasil perencanaan tersebut harus fungsional, aman, dapat diandalkan, kompetitif, dapat digunakan, dapat diproduksi, dan dapat dipasarkan.

Merancang dengan CAD.
Gambar 1. Merancang dengan CAD.

Desain adalah proses inovatif dengan tahap-tahap yang berulang-ulang. Desain juga merupakan proses pengambilan keputusan. Keputusan kadang-kadang harus dibuat dengan informasi yang terlalu sedikit, kadang-kadang dengan jumlah informasi yang tepat, atau dengan kelebihan informasi yang sebagian saling bertentangan. Keputusan terkadang dibuat secara tentatif. Intinya adalah perancang teknik secara pribadi harus merasa nyaman dengan peran pengambilan keputusan, pemecahan masalah.

Desain adalah kegiatan komunikasi intensif di mana kata-kata dan gambar digunakan. Insinyur harus berkomunikasi secara efektif dan bekerja dengan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu. Ini adalah keterampilan yang penting, dan kesuksesan seorang insinyur tergantung padanya.

Sumber daya pribadi seorang desainer berupa kreativitas, kemampuan berkomunikasi, dan keterampilan pemecahan masalah terkait dengan pengetahuan teknologi serta prinsip-prinsip dasar. Matematika, statistik, komputer, grafik, dan bahasa digabungkan untuk menghasilkan rencana dengan hasil produk yang fungsional, aman, dapat diandalkan, kompetitif, dapat digunakan, dapat diproduksi, dan dipasarkan, terlepas dari siapa yang membangunnya atau siapa yang menggunakannya.